Follower My Blog

Chat Guest

Tutorial Pemrograman Android bagi Pemula dengan IDE Enclipse dan Menggunakan Emulator Genymotion



Hallo selamat berjumpa kembali, sudah lama tidak menulis. :D kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat aplikasi sederhana pada android dengan IDE eclipse dan menggunakan emulator dari genymotion. saya asumsikan semua tools sudah siap pakai, mulai dari jdk, ADT, IDE, dan Emulatornya udah siap.



1. Langsung saja buka eclipse.nya, buat project android baru seperti pada gambar dibawah ini.

2. Kemudian isikan dengan sesuai kebutuhan, aplication name adalah nama aplikasinya nanti, project name adalah nama proyeknya, package name adalah nama package, inget penulisannya dari belakang, misalnya android.occhim.com, maka penulisan packagenya jadi com.occhim.android. Minumum requirement SDK adalah seri paling bawah dari android yang dapat menjalankan aplikasinya. Target SDK adalah seri tertinggi yang bisa menjalankan aplikasinya. Compile with adalah seri android yang digunakan untuk compilernya.  untuk theme pilih default. setelah itu next.
3. Setelah itu akan akan jendela konfigurasi, kalau kurang [aham biarkan default saja, sampai ada tombol finish, dan project-nya sudah ada.

 4. Masuk ke file string.xml, pada file ini adalah untuk mengeset parameter string. yang nantinya akan dipanggil.
5. Pada tutorial ini ada beberapa contoh variabel string yang saya pakai, misalnya untuk Nama, NIM, dan  lai-lain. penulisan tag atau sintaxnya xml hampir seperti html. ada tag pembuka dan tag penutup. kira kira nanti jadinya akan seperti ini.
6. Setelah itu masuk ke file activity_main.xml , disini saya mencoba mempraktikkan dengan menggunakan graphical layout, karena belum terlalu menguasai sintax untuk penataan tata letak. caranya gampang, tinggal drag and drop saja. drag dari pallet, disini saya pilih textView, kemudian drop di halaman tampilan android.
7. Setelah itu setting layout parameternya, dengan cara seperti gambar dibawah ini klik text, nanti akan muncul parameter atau variabel String yang telah di buat tadi. Pilih sesuai dengan kebutuhan anda. setelah itu klik ok. nanti pada tampilan desainnya value dari string akan berubaha sesuai dengan parameter string yang sudah di set di awal tadi.


8. Jika semua telah dilakukan, selanjutnya adalah untuk mengcompile project yang sudah dibuat, caranya dengan menggunakan emulator, karena emulator AVD dari android loadingnya terlalu lama. saya menggunakan genymotion, relatif lebih cepet daripada AVD.  jalankan emulator genymotionnya dulu. kemudian klik kanan project-nya, pilih run as , kemudian pilih android aplication.
9. Setelah itu akan ada tampilan untuk memilih jenis emulatornya. jika emulator dari genymotionnya udah jalan maka otomatis akan ada dipilihan.
10.  Akan tampil hasilnya pada emulatornya, jadinya akan seperti ini.
Sekian tutorialnya, kalau ada kesempatan mungkin saya akan tulis lagi tutorial tutorial lain. semoga bermanfaat.

1 komentar:

Aplikasi SMS dan Nelpon Gratis mengatakan...

Kalo tidak bisa jalan atau muncul di emulator itu permasalahannya apa ya? udah nyari-nyari ga belum ketemu juga solusinya.



Occhim Blog's

Tukar Link